Cara Menulis Naskah Drama yang baik dan Benar



Halo sobat,,kali ini saya akan berbagi ilmu tentang  Cara Menulis Naskah Drama yang baik dan Benar...

Naskah drama tidak sama dengan karya tulis yang lain layaknya puisi, cerpen atau jenis-jenis karya catat yang lain. Penulisan naskah drama harus memperhatikan unsur-unsur sebagai beriku.

Unsur-unsur drama
  • Tema adalah ide pokok atau gagasan utama sebuah cerita drama
  • Alur yaitu jalan cerita dari sebuah pertunjukkan drama mulai babak pertama hingga babak terakhir
  • Tokoh drama atau pelaku drama terdiri dari tokoh utama dan tokoh pembantu. Tokoh utama atau peran utama disebut primadona sedangkan peran pembantu disebut figuran
  • Watak adalah perilaku yang diperankan oleh tokoh drama. Watak protagonis adalah watak (periku) baik yang diperankan oleh tokoh drama, contohnya : penyabar, kasih sayang, santun, pemberani, pembela yang lemah, baik hati dan sebagainya. Sedangkan watak antagonis adalah watak (perilaku) jahat yang diperankan oleh tokoh drama, contohnya : sifat iri dan dengki, kejam, penindas dan sebagainya
  • Latar atau setting adalah gambaran tempat, waktu dan situasi peristiwa dalam cerita   drama
  • Amanat drama adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada penonton. Amanat drama atau pesan disampaikan melalui peran para tokoh drama.

Drama adalah komposisi pada syair dengan prosa yang tentunya dapat menggambarkan watak dan prilaku yang berkaitan didalam sesuatu adegan. adegan drama juga dikenal dengan arti adegan teater yang mana ia adalah sesuatu sandiwara yang dipentaskan.
Didalam lingkup drama anda mesti mencermati sebanyak poin mutlak yang dapat jadi criteria dari naskah yang dapat anda catat hingga naskah tersebut dapat dikatakan sebagai sesuatu naskah drama yang sebenarnya. saat mempelajari drama, ada banyak hal yang perlu anda cermati sebagai susunan dari drama, yaitu :
- alur drama
- penokohan
- latar dan peran latar
- tema
- perlengkapan
- bahasa
Alur yaitu pola basic dari satu cerita/kisah yang dapat didramakan didalam sesuatu adegan drama. susunan ceritanya mesti jelas, serta bisa berikan pemahaman yang baik pada beberapa pemirsa perihal poin-poin mutlak dari adegan drama tersebut.
Penokohan yaitu perwatakan yang diperankan didalam adegan drama tersebut. tiap-tiap cerita dapat tersisa cirri-ciri spesifik, penyifatan, serta nilai-nilai sikologis.
Didalam pementasan naskah drama pastinya dapat membutuhkan sesuatu area pertunjukan, waktu, situasi serta perihal terkait yang lain. ketepatan didalam memastikan area sedikit banyak dapat turut merubah kualitas adegan drama yang dipertontonkan.
Tema yaitu di antara poin terutama didalam dunia drama. tema adalah inspirasi pokok satu cerita yang dapat dilakonkan. temanya mesti jelas, serta adegan yang dipertontonkan mesti searah dengan naskah drama yang ditulis.
Bahasa juga di antara sisi terutama, dikarenakan bhs dapat dipakai sebagai alat berhubungan pada satu sama lain. disamping itu, bhs yang dipakai didalam adegan yang dimainkan tentunya dapat lebih pas bila memakai bhs sehari-harinya yang berkaitan.


Nah,,itulah info tentang Cara Menulis Naskah Drama yang baik dan Benar ,,
Semoga Bermanfaat
Title : Cara Menulis Naskah Drama yang baik dan Benar
Description : Halo sobat,,kali ini saya akan berbagi ilmu tentang  Cara Menulis Naskah Drama yang baik dan Ben...

0 Response to "Cara Menulis Naskah Drama yang baik dan Benar"

Post a Comment

Followers

Lencana Google+

Pengikut Google+