Contoh Paragraf Sebab Akibat Beserta Penjelasannya

Contoh Paragraf Sebab Akibat Beserta PenjelasannyaHalo sobat,,kali ini saya akan berbagi info tentang Paragraf Sebab Akibat ,,Langsung saja sobat
Pengertian Paragraf Sebab Akibat
Paragraf sebab akibat merupakan sebuah paragraf yang disusun dari beberapa sebab tentang suatu masalah atau kejadian realita dan juga akibat yang akan timbul setelahnya. Dengan kata lain, ketika penulis mencoba menulis jenis paragraf ini, maka ia harus mengemukakan secara jelas faktor faktor dari sisi sebab dan juga akibatnya.
Dalam beberapa referensi lain, jenis pendekatan penulis sebab akibat juga lebih dikenal dengan nama hubungan kausal atau kausatif.  Berasal dari kata yang memiliki arti yang sama “Cause”, pendekatan kausal memiliki arti untuk menjelaskan suatu kejadian atau fenomena yang berasal dari efek suatu tindakan lain. Pendekatan ini meyakini bahwa setiap hal yang terjadi pasti disebabkan oleh sesuatu lain yang terjadi sebelumnya. Demikian juga dengan paragraf sebab akibat yang mempunyai pola pengembangan yang sama.


Terkadang dalam pembuatan sebuah paragraf sebab akibat kita tidak harus melihat semua hal sebagai sebuah hasil dari tindakan tertentu, namun kita juga bisa mengembangkan sebuah paragraf sebab akibat dengan cara memahami proses terjadinya atau berlakunya suatu hal secara umum. Dengan memahi itu saja, kita bisa menciptakan sebuah paragraf sebab akibat yang baik.

Ciri-ciri Paragraf Sebab Akibat
Ciri ciri yang dapat diamati pada sebuah paragraf sebab akibat adalah:
  1. Adanya sebab dari suatu tindakan, kejadian, fenomena.
  2. Adanya akibat yang timbul setelah sebab sebab yang terjadi.
  3. Adanya keterkaitan yang logis antara sebab dan akibat tersebut.
Jenis Paragraf Sebab Akibat
Paragraf sebab akibat dapat dibagi menjadi 3 jenis menurut pola susunan paragrafnya.
  1. Sebab-Akibat
Pola ini menggambarkan sebab sebab dulu baru setelah itu menampilkan akibat akibat yang akan timbul. Pola ini tidak hanya selalu terpaku dengan susunan semua sebab kemudian semua akibat. Namun terkadang juga ditemukan pola pengembanga bergantian yaitu sebab 1 – akibat 1, sebab 2 – akibat 2, sebab 3 – akibat 3 dan seterusnya hingga selesai.
  1. Akibat-Sebab
Hampir sama dengan penjelasan diatas, yang membedakan hanyalah yang terlebih dahulu dipaparkan ialah akibat baru diikuti dengan sebab sebab nya.
  1. Akibat-Akibat
Jenis yang terakhir adalah akibat-akibat. Memang bukan sebuah paragraf yang lazin ditemukan, namun jenis paragraf seperti ini memang ada dan boleh ditampilkan. Terkadang jenis ini ditulis dengan tujuan sebagai penguat sisi akibatnya saja sedangkan sebabnya hanya menjadi sedikit pelengkap. Jenis ini akan sedikit mempunyai ciri seperti paragraf deskriptif.

Contoh Paragraf Sebab Akibat

Penumpukan sampah kian hari tidak bisa diatasi. Ditambahkan dengan kebiasaan warga membuang sampah secara sembarang yang semakin memperburuk keadaan. Pemerintahpun terkesan tidak sigap mengambil tindakan mengatasi problematika bersama ini. Dan hasilnya, banjir tiap tahun merupakan menu wajib di ibukota. Banyak rumah yang terendam. Dan juga alur perekonomian pun perlahan mati suri.

nah,,itulah tadi sedikit info tentang Contoh Paragraf Sebab Akibat Beserta Penjelasannya,,Semoga bermanfaat

sumber : http://contohsuratku.com
Title : Contoh Paragraf Sebab Akibat Beserta Penjelasannya
Description : Contoh Paragraf Sebab Akibat Beserta Penjelasannya -  Halo sobat,,kali ini saya akan berbagi info tentang Paragraf Sebab Akibat ,,L...

0 Response to "Contoh Paragraf Sebab Akibat Beserta Penjelasannya"

Post a Comment

Followers