Contoh Surat Lamaran Pekerjaan beserta Penjelasannya

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan – Bagi para lulusan pendidikan yang baru dan ingin terjun ke dunia kerja, biasa tidak lepas dari menulis jenis surat yang satu ini. Ketika seseorang ingin mendapatkan pekerjaan, hal pertama yang harus dia lakukan adalah membuat surat lamaran pekerjaan. Nah, untuk melamar suatu pekerjaan, maka surat lamaran pekerjaan adalah syarat yang di wajibkan oleh setiap perusahaan. Dengan demikian alangkah baiknya apabila isi dalam surat lamaran tersebut berisi informasi dan hal-hal yang menarik tentang keahlian dan kemampuan kita dan beberapa prestasi yang pernah kita raih, sehingga perusahaan tempat anda melamar pekerjaan itu pun bisa menjadi pertimbangan sebaik mungkin untuk kita bisa masuk ke dalam perusahaan tersebut.

Dalam hal membuat surat lamaran pekerjaan jangan memakai bahasa semau anda, tetapi harus memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar dan juga kata-kata yang baku dan sopan. Saya yakin mungkin sebagian dari anda sudah terbiasa membuat surat jenis ini. Namun jika anda memang masih baru sekali dalam mencari lapangan pekerjaan, maka referensi berupa contoh-contoh surat lamaran pekerjaan di bawah ini mungkin dapat membantu anda.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan 1

Jakarta, 29 Januari 2013

Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth, Manajer PT. Sumber Alam Makmur
Jl. Apa saja No. 05
Jakarta Utara


Dengan Hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Sumber Alam Makmur seperti yang termuat di Jakarta Post tanggal 28 Januari 2013. Saya mengajukan diri untuk menjadi Financing Manager di PT. Sumber Alam Makmur. Berikut data singkat saya :
Nama  : …………………………………..
Tempat dan Tanggal Lahir  : …………………………………..
Pendidikan Terakhir  : …………………………………..
Alamat  : …………………………………..
HP, E-mail  : …………………………………..
Status Perkawinan  : …………………………………..
Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa menggunakan computer, terutama mengoperasikan paket aplikasi Ms.Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, Outlook, juga internet, maupun surat menyurat dalam Bahasa Inggris. Saya senang untuk belajar dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim. Sebagai bahan pertimbangan, turut saya lampirkan sebagai berikut :
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto copy ijazah S-1 dan transkip nilai
  3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
  4. Pas foto terbaru
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan ksempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya. Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Hormat Saya,

nama lengkap

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan II

Medan, 12 Januari 2013
Kepada Yth, Manajer PT. Suka Maju
Jl. Grogol Ageng
Nagreg Timur.

Dengan hormat,
Seorang karyawan di PT. Suka maju yaitu Bpk. Budianto, menginformasikan kepada saya tentang rencana penambahan tenaga di Departement SDM PT. Suka maju. Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini perkenankan saya mengajukan diri untuk bergabung serta menjadi bagian dalam rencana penambahan di PT. Suka Maju.
Mengenai diri saya, dapat saya jelaskan sebagai berikut :

Nama : RAHIMAWATI
Tempat dan Tanggal Lahir : Kuala Kapuas, 04 Januari 1987
Pendidikan Terakhir : S 1 PAI
Alamat : Jl. Ardi Tanang Kelurahan Bahaur Basantan
HP, E-mail : …………………………………..
Status Perkawinan : Belum Kawin

Saat ini saya bekerja di PT. Suka Mundur, sebagai staf Pembukuan, dengan fokus utama pekerjaan di bidang entri data. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto copy ijazah terakhir.
  3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
  4. Pas foto terbaru.
Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Demikian saya sampaikan, terima kasih atas perhatian Bapak.
Hormat saya,

Jaka Wirawan

Sekian info tentang Contoh Surat Lamaran Pekerjaan,,Yang terpenting adalah sertakan sumber informasi yang menerangkan bahwa dibukanya lowongan pekerjaan di perusahaan yang anda maksud.   Lebih baik lagi jika anda memiliki referensi yang memang dari perusahaan itu, sehingga dapat membantu perekomendasian anda di perusahaan tersebut.   Semoga Bermanfaat...

sumber : http://contohsuratku.com
Title : Contoh Surat Lamaran Pekerjaan beserta Penjelasannya
Description : Contoh Surat Lamaran Pekerjaan – Bagi para lulusan pendidikan yang baru dan ingin terjun ke dunia kerja, biasa tidak lepas dari menuli...

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Pekerjaan beserta Penjelasannya"

Post a Comment

Followers