Keunikan Tangan Kidal

 

Kidal berarti melakukan sebagian besar aktifitas kehidupan sehari-hari lebih dominan menggunakan tangan kiri dibanding tangan kanan, seperti menulis, memegang sesuatu, atau makan. Namun, bukan berarti seseorang yang kidal tidak normal. Hanya saja populasi mereka lebih sedikit, sehingga tidak jarang bagi orang-orang yang terbiasa menggunakan tangan kanan terlihat agak aneh.
Para peneliti di Northwestern University mengembangkan sebuah model matematis mengenai rendahnya seseorang yang kidal. Mereka menunjukkan bahwa persentase orang kidal adalah hasil dari keseimbangan antara kerjasama dan persaingan dalam evolusi manusia. Profesor Daniel M. Abrams bersama mahasiswa pascasarjana Mark J. Panaggio adalah dua orang pertama yang menggunakan data nyata yang diambil dari competitive sport untuk menguji dan mengonfirmasi hipotesis bahwa tingkat populasi berkaitan dengan perilaku sosial. Hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Royal Society Interface menyatakan bahwa faktor yang paling penting di masyarakat adalah perilaku sosial yang baik dan dapat dihargai, di mana hampir seluruh perilaku sosial yang baik di masyarakat itu yakni mayoritas perilaku melibatkan tangan kanan. Hal ini didukung dengan jumlah populasi manusia yang ternyata jumlahnya lebih banyak dibanding orang kidal.
Sementara untuk mendukung teori kompetisi, Abrams dan Panaggio beralih ke dunia olahraga. Model mereka secara akurat memprediksi hampir 50 persen atlet bisbol, tinju, hoki, dan tenis adalah kidal dan 4 persen untuk pegolf. Hal ini mengungkapkan bahwa rupanya orang kidal yang jarang ditemui dalam kehidupan sosial justru hadir lebih banyak dalam dunia olahraga bahkan seni seperti aktor dan aktris. Mengapa demikian? Karena, dalam urusan kompetisi, seseorang yang kidal lebih banyak mendapat keuntungan dibanding mereka yang bukan kidal.

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab seseorang kidal, namun sudah ada beberapa teori yang mengungkapkan alasannya. Seperti yang diungkapkan oleh Fabiola Priscilla Setiawan M. Psi, seorang psikolog anak dan remaja yang menyatakan bahwa kidal terjadi apabila otak kanan lebih dominan dibanding otak kiri. Penyebabnya bisa karena lingkungan atau faktor genetis. Selain itu alasan lainnya bisa dikarenakan terlalu sering melakukan USG saat sedang hamil sehingga dapat menimbulkan perubahan pada otak janin. Atau bisa juga karena melewati persalinan yang sulit yang mengakibatkan kekurangan oksigen pada otak bayi. Sekali lagi, semuanya itu masih teori yang perlu dibuktikan lagi.
Karena didominasi otak kanan, biasanya seseorang yang kidal lebih kreatif, memiliki daya khayal dan imajinasi yang tinggi. Hal ini dikarenakan fungsi dari otak kanan yang mengatur hal-hal abstrak seperti seni, musik, olahraga, dan emosi. Berbeda dengan otak kiri yang mengatur hal-hal yang berhubungan dengan logika. Meski didominasi oleh otak kanan, namun seseorang yang kidal menggunakan kedua belahan otaknya dalam melakukan sesuatu, seperti dalam hal pengolahan bahasa. Jika pada umumnya dalam pengolahan bahasa cenderung terjadi di otak kiri, untuk seseorang yang kidal ada kemungkinan terjadi di otak kiri dan kanannya, sehingga mereka lebih kreatif dibanding yang bukan kidal. Selain itu, ada juga para pakar yang berteori seseorang yang kidal memiliki mental yang lebih baik di usia tua di saat proses otak secara keseluruhan mulai melambat, lalu mereka yang kidal juga cepat menerima rangsangan.
Diantara beberapa keunggulan yang dimiliki seseorang yang kidal, mereka juga mempunyai kekurangan. Individu kidal cenderung merasa cemas dan pemalu. Terkadang mereka malu untuk mengungkapkan sesuatu dan bimbang dalam mengambil keputusan. Mereka juga seringkali tidak percaya diri, apalagi jika lingkungan sekitarnya menganggap dia bukan orang yang normal.
Menjadi seseorang yang kidal bukanlah hal yang tidak normal. Jadi, buat Kamu yang kidal tidak perlu khawatir, Kamu tidak perlu bersusah payah ingin menjadi seperti orang kebanyakan. Justru bisa jadi Kamu dianggap tidak normal kalau memaksakan diri ingin menjadi seperti kebanyakan orang yang dalam kehidupan sehari-harinya lebih dominan menggunakan tangan kanan. Beberapa orang sukses seperti Obama, Bill Gates, Angelina Jolie dan Tom Cruise pun kidal loh.
Title : Keunikan Tangan Kidal
Description :   Kidal berarti melakukan sebagian besar aktifitas kehidupan sehari-hari lebih dominan menggunakan tangan kiri dibanding tangan kana...

0 Response to "Keunikan Tangan Kidal "

Post a Comment

Followers

Lencana Google+

Pengikut Google+