Manfaat Kopi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Kopi Dalam Kehidupan Sehari-hari – Walaupun para dokter dan ahli kesehatan menganjurkan kita untuk membatasi konsumsi kopi, namun sangat sulit menghindari kenikmatan mereguk secangkir kopi. Baiklah, kita patuh saja kepada petunjuk para profesional di bidang kesehatan tersebut. Namun, tahukah Anda, bahwa kopi bisa digunakan untuk apa saja selain sebagai minuman? Berikut ini daftar kegunaan biji kopi yang mudah menimbulkan kecanduan tersebut.

Mengurangi bau di kulkas
Tentu Anda lebih suka mencium bau kopi daripada sisa-sisa makanan yang Anda simpan di kulkas, bukan? Nah, kalau Anda termasuk orang yang bisa berhemat dan sering menyimpan sisa makanan, cemilan, sayur dan sejenisnya di kulkas, coba saja simpan bubuk atau biji kopi di dalam kulkas. Biarkan selama satu atau dua hari. Kopi tersebut akan menyerap bau bahan-bahan yang Anda simpan di kulkas. Ketika Anda membuka pintu kulkas, tentu aroma pertama yang akan Anda cium adalah aroma kopi.

Mengurangi selulit
Krim anti-selulit yang berharga paling mahal sekalipun sebenarnya memiliki adonan yang sama: kafein. Kafein diyakini dapat mengoptimalkan metabolisme lemak sehingga pembentukan selulit juga berkurang. Cara membuat krim anti-selulit dengan kopi cukup mudah: campurkan endapan di cangkir kopi yang baru saja Anda minum dengan minyak kelapa, lalu oleskan pada kulit Anda dengan gerakan melingkar selama beberapa menit.

Menghilangkan bau pada tangan
Bawang, bandeng, ikan asin, dan daging memang mengeluarkan aroma yang sedap bila sedang dimasak dan, bila kokinya pintar, terasa sedap pula di lidah. Namun, setelah makanan selesai disantap dengan menggunakan tangan, coba cium aroma tangan Anda. Nah, untuk menghilangkan bau tersebut, gosok tangan Anda dengan endapan kopi yang telah habis diminum.

Bahan pupuk kompos yang bermutu
Coba Anda tanya kepada para pakar pertamanan, apa manfaat kopi bagi tanaman di taman. Tentu mereka akan menjawab bahwa manfaat kopi bagi tanaman besar sekali. Endapan sisa kopi yang telah habis diminum dapat dicampurkan dengan pupuk kompos. Nah, pupuk kompos tersebut mengandung unsur-unsur fosfor, potasium, magnesium, dan tembaga, yang akan melepaskan nitrogen ke dalam lapisan tanah. Akibatnya, tanah memperoleh tingkat keasaman yang lebih tinggi sehingga tanah menjadi lebih subur.

Membuat rambut berkilau
Siapa yang tidak menginginkan punya rambut yang berkilau dan sehat? Kopi sering direkomendasikan sebagai bahan perawatan alamiah yang sederhana untuk membuat rambut tampak lebih berkilau. Caranya: rebus kopi dengan air yang cukup banyak, biarkan dingin, lalu gunakan rebusan kopi tersebut untuk berkeramas. Biarkan selama sekitar 20 menit, lalu bilas. Anda bisa melakukan trik ini sekali dalam seminggu.

Semir alamiah
Pigmen natural yang terdapat pada kopi adalah semir alamiah yang dapat digunakan untuk menyemir kain, kertas, dan juga rambut Anda. Coba saja basahi sehelai kertas dengan air rebusan kopi, atau rendam sehelai kain dalam kopi panas. Memang warna yang Anda ingin tidak akan cepat terlihat, namun bila proses ini diulangi beberapa kali, Anda akan melihat hasilnya. Namun, semir alamiah ini akan lebih baik jika digunakan untuk barang-barang yang tidak sering dicuci.

Mengencangkan kulit
Kopi dipercaya dapat mengurangi pembentukan selulit. Nah, ternyata kopi juga dapat digunakan untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit Anda. Tekstur pada bubuk kopi juga dipercaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Cara menggunakannya cukup mudah: campurkan satu sendok kopi bubuk atau kopi giling dengan setengah sendok minyak zaitun.

Mengusir semut
Taburkan endapan sisa kopi yang telah kering di area rumah yang sering dilintasi semut. Kemungkinan besar, semut tidak akan lewat di sana lagi. Untuk membubarkan sarang semut, taburkan kopi yang telah diseduh di sekitar sarang tersebut.

Air freshener
Kalau suatu saat nanti Anda tanpa sengaja menumpahkan bubuk atau gilingan kopi, jangan langsung dibersihkan dan dibuang ke tempat sampah. Anda bisa menggunakannya untuk membuat air freshener. Caranya, masukkan bubuk atau gilingan kopi tersebut di dalam sebuah wadah string, lalu gantungkan di tempat yang terkena embusan angin.

Bumbu rahasia
Kopi, dalam bentuk biji, bubuk atau giling, dapat memberikan magic touch pada makanan buat Anda. Kalau Anda sedang membuat es krim, kue coklat atau steak, coba Anda tambahkan kopi sedikit saja ke dalam adonan Anda. Kopi tersebut akan membuat makanan Anda menjadi terasa lebih lembut dan ringan.

Menutup goresan pada furnitur
Kalau suatu saat Anda tanpa sengaja menjumpai goresan pada furnitur di rumah Anda, jangan buru-buru memanggil tukang kayu. Coba Anda ambil satu sendok kopi bubuk, lalu taburkan di bagian yang terkena goresan. Akan lebih baik lagi kalau Anda tuangkan kopi yang telah diseduh dan masih panas ke atas bagian tersebut. Nah, warna asli kopi akan membuat goresan tersebut tidak tampak.
 
sekian info tentang Manfaat Kopi Dalam Kehidupan Sehari-hari,,Semoga bermanfaat...
Title : Manfaat Kopi Dalam Kehidupan Sehari-hari
Description : Manfaat Kopi Dalam Kehidupan Sehari-hari – Walaupun para dokter dan ahli kesehatan menganjurkan kita untuk membatasi konsumsi kopi, nam...

0 Response to "Manfaat Kopi Dalam Kehidupan Sehari-hari "

Post a Comment

Followers