8 Penemuan Paling Berpengaruh Di Dunia

8 Penemuan Paling Berpengaruh Di Dunia - Sangat besar kontribusi penemuan kertas terhadap perubahan dan perkembangan dunia. Dari selembar kertas, kita bisa mendokumentasikan kejadian-kejadian penting, menyebarkan informasi, melukis, dan yang terpenting dari peranan kertas adalah semakin terbantunya dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Ts’ai Lun adalah penemu kertas berkebangsaan Tionghoa yang hidup di zaman Dinasti Han, abad ke-1 - abad ke-2 Masehi. Lahir di Guiyang (sekarang di wilayah provinsi Hunan), ia bernama lengkap Cai Jingzhong (sering pula dipanggil Jingzhong), ia adalah seorang kasim.

Ia membuat kertas dari kulit kayu murbei. Bagian dalamnya direndam di air dan dipukul-pukul sehingga seratnya lepas. Bersama dengan kulit, direndam juga bahan rami, kain bekas, dan jala ikan. Setelah menjadi bubur, bahan ini ditekan hingga tipis dan dijemur. Lalu jadilah kertas yang mutunya masih belum sebagus sekarang.

Tak banyak catatan tentang Ts’ai Lun, selain ada yang menyebutnya orang kasim. Ia adalah seorang pegawai negara pada pengadilan kekaisaran. Pada tahun 105 M ia mempersembahkan contoh kertas pada Kaisar Ho Ti. Catatan Cina tentang penemuan kertas ini terdapat dalam penulisan sejarah resmi Dinasti Han.

Johann Gutenberg dan Mesin Cetak

Setelah kertas ditemukan, untuk menyebarkan satu informasi ke banyak tempat (semisal: surat kabar, buku dan pengumuman) dibutuhkan banyak juru tulis yang bertugas untuk memperbanyak salinan dari informasi tersebut. Kebiasaan ini mulai berubah ketika metode penulisan menggunakan mesin cetak ditemukan.

Gutenberg dianggap sebagai penemu dari mesin cetak, tetapi sebenarnya yang dilakukan olehnya adalah mengembangkan metode pertama penggunaan huruf cetak yang bergerak dengan mengunakan mesin sehingga berbagai macam materi tulisan dapat dicetak dengan cepat dan tepat. Meskipun prinsip penulisan menggunakan alat cetak sudah ditemukan di Cina dan Korea jauh sebelum Gutenberg lahir, tetapi sumbangan Gutenberg secara keseluruhan lebih besar dari siapapun dalam hal penyempurnaan mesin cetak. Arti pentingnya terutama terletak pada keberhasilannya menggabungkan semua anasir mesin cetak menjadi suatu sistem yang efektif dan produktif.

James Watt dan Mesin Uap

James Watt bukan orang pertama yang menemukan mesin uap, tetapi dia adalah tokoh kunci dari revolusi industri. Banyak tokoh yang telah berkontribusi dalam pengembangan mesin uap, seperti, Hero dari Iskandaria pada awal abad masehi, Thomas Savery tahun 1686, dan Thomas Newcomen di tahun 1712. Tetapi dari semua tokoh yang menyumbangkan ide dan pikirannya terhadap mesin uap, James Watt-lah yang memberikan andil paling besar. Dari tangannya mesin uap menjadi alat yang lebih sempurna serta lebih dapat digunakan secara umum. Mengapa mesin uap begitu penting dalam perubahan wajah dunia? 

Hampir semua mesin produksi dan mesin alat transportasi menggunakan prinsip dasar dari cara kerja mesin uap. Tanpa mesin uap, tidak akan pernah ada pabrik yang dapat memproduksi semua kebutuhan manusia dalam skala besar dan kendaraan modern yang mengunakan mesin seperti saat ini tidak akan pernah dapat kita gunakan. Sehingga semua manusia masih akan menggunakan kereta kuda, gerobak sapi dan kapal layar dalam transportasi sehari-hari.

Michael Faraday – James Clerk Maxwell dan Listrik

Tidak terbayangkan kehidupan sekarang ini dapat berjalan lebih baik tanpa adanya listrik, fakta menunjukkan, tidak mungkin ada teknologi dapat mengalami perkembangan sedemikian rupa seperti saat ini tanpa listrik.

Charles Agustine, Alessandro Volta, Chirstian Oersted dan Andre Marrie Ampere merupakan jago-jago dalam bidang listrik. Tetapi dari kesemuanya Faraday dan Clerk Maxwell-lah yang paling berjasa sehingga listrik dapat dimanfaatkan manusia seperti sekarang ini. Meskipun keduanya sama-sama berasal dari Inggris dan hidup pada masa yang sama, tetapi mereka berdua bukanlah sebuah tim. karya dari kedua tokoh ini saling berkaitan dan saling lengkap melengkapi dalam proses penyempurnaan masalah kelistrikan. Penemuan kedua tokoh ini yang paling utama adalah menggunakan unsur magnet dalam listrik.  

Thomas Alfa Edison dan Bola Lampu

Manhattan New York mendapatkan julukan kota yang tidak pernah tidur, bisa dibayangkan jika bola lampu tidak pernah ditemukan? Maka julukan yang didapat Manhattan saat ini tidak akan pernah ada.

Memang tanpa bola lampu, manusia masih dapat menggunakan cahaya di malam hari, dari obor dan lampu minyak. Tetapi keberadaan bola lampu selain lebih praktis juga dapat memberikan penerangan cahaya yang lebih baik dibanding benda lainnya ketika malam hari. Dari penerangan yang lebih baik itulah terciptanya berbagai hasil karya dan kehidupan yang lebih meriah. 

Thomas Alfa Edison merupakan penemu paling produktif yang pernah ada. Terdapat 1.093 hak paten terdaftar atas namanya. Selain penemu, Edison juga seorang pengusaha yang visioner, dia membangun perusahaan yang memproduksi listrik untuk rumah-rumah di kota New York, dan juga dikenal sebagai perusahaan listrik komersil pertama di dunia. 

Guglielmo Marconi dan Radio

Untuk mengabarkan suatu informasi secara jarak jauh dapat dilakukan dengan surat menyurat menggunakan jasa Pos dan kurir, bahkan peranan merpati pos sudah dikenal sejak awal abad pertengahan. Lalu ditemukanlah telegram yang menggunakan kode morse yang dapat mengabarkan informasi secepat kilat, tetapi teknologi ini masih sangat tidak efektif dan dibutuhkan tenaga ahli khusus yang dapat mengoperasikan serta menerjemahkan informasi  melalui telegram tersebut. Lahirlah radio yang semua orang dapat dengan mudah menggunakan serta menerima informasi dengan lebih baik, lebih jelas dan lebih cepat.

Guglielmo Marconi dianggap sebagai tokoh yang paling berjasa dalam penemuan teknologi radio. Makna penting dari hasil temuannya secara dramatis dilukiskan di tahun 1909 tatkala kapal S.S. Republic rusak akibat tabrakan dan tenggelam, berita radio amat membantu, semua penumpang dapat diselamatkan kecuali enam orang. Pada tahun berikutnya Marconi berhasil mengirim berita radio dari Irlandia Ke Argentina dengan jarak lebih dari 6000 mil.

Alexander Graham bell dan Telepon

Sudah menjadi fitrah bahwa manusia adalah mahluk sosial, oleh karenanya manusia selalu membutuhkan interaksi dan saling berkomunikasi dengan sesamanya. Teknologi komunikasi menjawab segala tantangan tersebut yang diawali dengan lahirnya telepon.

Thomas Alfa Edison, Elisha Gray, Antonio Santi Giuseppe Meucci, ketiganya sama-sama diklaim sebagai penemu pertama dari telepon. Tetapi Graham Bell lebih dikenal dan dianggap sebagai bapak telepon. Hal apa yang dilakukan Graham Bell sehingga dia dianggap lebih berjasa dibanding lainnya? Kesamaan mereka adalah dikenal sebagai tokoh yang sama berpengaruh dibidang penemuan telepon, tetapi Graham Bell melakukan lebih, ia mendirikan perusahaan telepon pertama di dunia yang saat ini dikenal dengan nama American Telephone and Telegraph Company (AT&T). Dari perusahaan inilah awalnya umat manusia benar-benar dapat merasakan manfaat dari teknologi komunikasi jarak jauh yang satu ini.

Charles Babbage dan Komputer

Saat ini dikenal dengan era digital dan komputer, hampir semua  lini kehidupan telah tersentuh oleh komputerisasi. Jauh sebelum Bill Gates mendirikan Microsoft dan bermimpi agar komputer dapat digunakan oleh semua manusia di muka bumi, terdapat seorang tokoh penting yang berada dibalik semua perkembangan dunia komputer, dialah Charles Babbage.

Apa yang dilakukan oleh Babbage? Tahun 1821 Babbage menciptakan Difference Engine, sebuah mesin yang dapat menyusun Tabel Matematika. Saat melengkapi mesin tersebut di tahun 1832, Babbage mendapatkan ide tentang mesin yang lebih baik, yang akan mampu menyelesaikan tidak hanya satu jenis namun berbagai jenis operasi aritmatika. Mesin ini dinamakan Analytical Engine (1856), yang dimaksudkan sebagai mesin pemanipulasi simbol umum, serta mempunyai beberapa karakteristik dari komputer modern. Diantaranya adalah penggunaan punched card, sebuah unit memori untuk memasukkan angka, dan berbagai elemen dasar komputer lainnya.

Title : 8 Penemuan Paling Berpengaruh Di Dunia
Description : 8 Penemuan Paling Berpengaruh Di Dunia - Sangat besar kontribusi penemuan kertas terhadap perubahan dan perkembangan dunia. Dari selemba...

0 Response to "8 Penemuan Paling Berpengaruh Di Dunia"

Post a Comment

Followers