Cara Mengakses XAMPP dengan Android

Cara Mengakses XAMPP dengan Android - Pada kesempatan kali ini, Saya akan berbagi pengalaman Saya dalam mengkonfigurasi XAMPP (Apache + MySQL) agar bisa diakses Smartphone Android Anda melalu jaringan WiFi. Sebelum bisa melakukan hal tersebut, perlu dipersiapkan perangkat lunak yang dibutuhkan, yaitu:
  1. Apache XAMPP, dapat diunduh di: Apache XAMPP
  2. Jaringan WiFi, atau kalo tidak connectify-me. Fungsi connectify-me adalah untuk membuat laptop Anda menjadi AP(Access Point) jika tidak mempunyai jaringan WiFi. Jika anda punya jaringan WiFi (modem telkomsel speedy, misalnya), maka cukup koneksikan saja laptop Anda ke jaringan tersebut. Untuk connectify-me Anda dapat cari di google karena software ini berbayar. Jika kedua alternatif tersebut tidak dapat diperoleh, dapat digunakan juga fasilitas Thetering Wi-Fi yang ada di Android. Caranya cukup mudah, tinggal aktifkan Thetering Wi-Fi, kemudian aktifkan Wi-Fi di laptop / komputer, lalu sambungkan  
  3. Smartphone Android tentunya 
Untuk XAMPP dan connectify-me tinggal diinstall secara standar. Untuk penggunaan connectify-me, dapat Anda cari di google, atau di sini. Untuk tahapan konfigurasi agar server lokal (XAMPP) dapat diakses melalui Android dapat mengikuti tahap sebagai berikut:
  1. Koneksikan Android Anda ke AP(jaringan WiFi), atau jika tidak memiliki jaringan WiFi dapat menggunakan Connecitfy-me untuk koneksi langsung ke laptop.
  2. Lihat IP di laptop Anda dengan menggunakan perintah (pada konsol/terminal) “ipconfig“. Pada Android Anda dapat lihat melalui perintah “ifconfig“. Catat alamat tersebut, coba ping masing-masing alamat untuk mengetahui apakah koneksi dapat dilakukan.
  3. Pada laptop(komputer), buka pilihan Control Panel->Firewall. Di situ pilih pilihan Inbound Rules (tab bagian kiri), pilih lalu cari pada bagian kanan Apache HTTP Server yang diblok. Klik kanan item tersebut lalu pilih properties. Akan muncul jendela properties, lalu pilih pada tab General. Ubah pilihan dari Block the connection menjadi Allow the connection. Lakukan hal yang sama terhadap mysqld.
  4. Buka browser Anroid Anda lalu ketikkan alamat IP komputer(laptop) diikuti “/xampp”, atau misal jika alamat IP komputer 192.168.1.5, maka dapat dimasukkan URL: 192.168.1.5/xampp. Selamat, Anda dapat mengakses lokal server komputer melalui Android!
Sekian dulu tips dari Saya kali ini, semoga mendatangkan manfaat bagi pembaca sekalian
Title : Cara Mengakses XAMPP dengan Android
Description : Cara Mengakses XAMPP dengan Android - Pada kesempatan kali ini, Saya akan berbagi pengalaman Saya dalam mengkonfigurasi XAMPP (Apache +...

1 Response to "Cara Mengakses XAMPP dengan Android"

Followers