Tips dan Trik Memilih USB Modem GSM / CDMA

Tips dan Trik Memilih USB Modem GSM / CDMA - Berbagi mengenai tips trik memilih modem USB gsm/cdma buat anda yang lagi nyari modem, atau para agan yang internetnya ga pake USB modem berhubung modem USB merupakan solusi internet murah, mudah, dan portable. Tips ini bertujuan agar modem agan bisa maksimal saat dipakai di tempat agan, monggo disimak hehe :

USB MODEM



USB modem adalah modem dial up untuk menghubungkan komputer kita ke internet. USB Modem dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan jaringannya, yaitu GSM dan CDMA. USB modem menjadi pilihan para netter karena harganya yang terjangkau (biaya bulanannya juga terjangkau), portable atau bisa dibawa bepergian, dan terdapat banyak pilihan providernya sehingga bisa ganti provider.

Berikut ini tips dan trik memilih USB Modem :


1. Tes Sinyal
Ini yang paling mempengaruhi kecepatan modem, yaitu sinyal. Agar modem bisa maksimal, tes terlebih dahulu sinyal di daerah tempat anda tinggal. Caranya bisa dengan tanya tetangga agan yang memakai modem, atau dengan meminjam modem teman.
Perhatikan sinyal yang agan dapat, 
  • Untuk GSM apakah GPRS,EDGE,3G,HSDPA, atau HSPA+. dan untuk CDMA apakah 1X,EVDO REV.0, EVDO REV.A, atau EVDO REV.B
  • Secara umum, untuk GSM sinyal 3G ke atas sudah cukup bagus.. sedangkan untuk CDMA, paling tidak sinyalnya EVDO REV.A

Setelah melihat sinyal yang lumayan di modem, lihat juga berapa kekuatan sinyal.
  • Untuk CDMA kekuatan sinyal sangat mempengaruhi kecepatan, nambah sinyal 1 kecepatan bisa jadi 2 kali lipat.
  • Untuk GSM, pengalaman saya jika sudah dapat sinyal minimal 3G untuk browsing dan download sudah cukup baik walau sinyal 1 biji.

2. Harga
Tentukan bugdet maksimal agan untuk membeli modem... lalu cari-cari info di internet mengenai modem dengan harga yang agan inginkan. walaupun agan nggak beli online, hal ini tetap berguna untuk membandingkan
harga dengan yang ada di daerah agan ...


3. OS/Operating System
Jika memakai OS windows xp atau windows 7, langkah ini bisa dilewati karena hampir semua modem support. untuk agan yang memakai OS mac, linux, atau yang lainnya pilih modem yang sesuai dengan OS tersebut. Biasanya keterangan ada pada dus modem, jika tidak ada bisa ditanyakan kepada penjual.

4. Internet Service Provider
tentukan provider yang akan agan pakai. ini menentukan kecepatan internet agan.
tiap-tiap provider mempunyai batas kecepatan yang berbeda. biasanya 1 provider punya banyak paket dengan batas kecepatan yang berbeda-beda pula.
untuk saat ini, semua provider di indonesia menggunakan kuota/FUP(Fair Usage Policy). jika kuota/FUP telah habis, maka kecepatan modem agan akan diturunkan, besarnya penurunan ini berbeda untuk tiap provider.
sebelum membeli modem agan juga harus tahu paket layanan pada provider yang akan agan pakai, bagaimana cara mendaftarkan paket,berapa kuotanya, dan berapa harganya.
5. Spesifikasi
lihat spesifikasi modem yang akan agan beli.. ini menentukan secara keseluruhan, yaitu kecepatan, ketahanan, kualitas, dll.
  • tiap modem tipe punya batas kecepatan, biasanya pada GSM 3,6 Mbps, 7,2 Mbps, 21 Mbps, 28 Mbps. 
  • untuk CDMA biasanya sudah besar batas kecepatannya, ada yg 5Mbps atau 14,4 Mbps. 
  • umumnya tipe modem tidak terlalu mempengaruhi, kecuali koneksi agan nembus 3 Mbps, karena paling tidak batas kecepatan Modem 3 Mbps (sekitar 200KBPS untuk download)
ketahanan yaitu modem cepat panas/tidak. pilih modem dengan ukuran besar dan berilah kabel perpanjangan untuk mengurangi panas. karena untuk modem dengan ukuran besar jarak antar komponen lebih "lega". sedangkan untuk kabel perpanjangan agar modem tidak terlalu dekat dengan PC.
kualitas yaitu tergantung tipe,merk modem, dan keberuntungan. karena biasanya modem 1 tipe bisa beda sedikit kualitasnya. untuk merknya bisa agan lihat-lihat di kaskus.
tentukan juga modem yang akan agan beli modem GSM atau CDMA, karena modem GSM tidak bisa untuk provider CDMA, dan sebaliknya. bahkan ada modem yang hanya bisa untuk 1 provider, karena sudah dilock ke provider tersebut.
 
Sekian info tentang  Tips dan Trik Memilih USB Modem GSM / CDMA,,
Semoga bermanfaat,,Terima kasih

sumber : http://bacablogtekno.blogspot.com
Title : Tips dan Trik Memilih USB Modem GSM / CDMA
Description : Tips dan Trik Memilih USB Modem GSM / CDMA - Berbagi mengenai tips trik memilih modem USB gsm/cdma buat anda yang lagi nyari modem, atau ...

0 Response to "Tips dan Trik Memilih USB Modem GSM / CDMA"

Post a Comment

Followers