Contoh Paragraf Campuran Beserta Penjelasannya

Contoh Paragraf Campuran Beserta Penjelasannya - Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang Paragraf Campuran 
Langsung saja sobat,,

Pengertian Paragraf Campuran
Paragraf campuran adalah sebuah paragraf yang mempunyai kalimat pokok pada awal dan akhir paragraf. Dalam jenis paragraf ini, terdapat kalimat kalimat penjelas yang berada di antara kedua kalimat pokok di awal dan di akhir paragraf tersebut. Dengan begitu akan terbentuk sebuah paragraf yang terdiri 3 bagian yang bersifat umum-khusus-umum. Hal menjadi poin penting dalam penulisan jenis paragraf campuran, seorang penulis harus dapat memberikan batas pembeda yang jelas pada tiga bagian yaitu awal paragraf, tengah paragraf dan akhir paragraf.

Sesuai dengan skema struktur paragraf campuran diatas. Kalimat atau ide pokok harus ditampilkan terlebih dahulu pada awal kalimat. Kalimat tersebut berfungsi sebagai pengenalan dan juga peletakan pondasi ide paragraf tersebut. Setelah itu pada bagian tengah paragraf, terdapat kalimat kalimat penjelas yang lebih bersifat khusus. Kalimat kalimat tersebut umumnya ditulis dengan jumlah yang lebih banyak. Dan yang terakhir pada penutupan paragraf, terdapat kalimat pokok yang ditampilkan kembali. Di sini fungsi nya ialah memberikan penguat dan juga kesimpulan dari apa yang telah dijabarkann sebelumnya.
Pada dasarnya penggunaan jenis paragraf ini bersifat saling melengkapi dengan jenis paragraf induktif dan deduktif. Paragraf campuran merupakan penggabungan dari kedua jenis paragraf tersebut, dengan penggabungan tersebut diharapkan akan lebih memudahkan pembaca dalam memahami isi paragraf, terutama kalimat atau ide pokok dari paragraf tersebut.

Ciri-ciri Paragraf Campuran
Beberapa hal yang bisa dicermati untuk membedakan paragraf campuran dengan jenis paragraf lain adalah:
  1. Adanya kalimat pokok pada awal dan akhir paragraf.
  2. Adanya kalimat kalimat penjelas atau pendukung pada bagian tengah paragraf.
  3. Mempunyai struktur paragraf umum-khusus-umum.
  4. Adanya pengulangan atau variasi pada beberapa kata kunci atau keyword pada awal dan akhir paragraf.

Contoh Paragraf Campuran
Indonesai merupakan negera dengan kekayaan alam yang sangat berlimpah. Dengan wilayah yang terdiri dari banyak sekali pulau besar dan kecil, sudah barang pasti negera Indonesia mempunyai wilayah lautan yang tidak sedikit. Begitu pula dengan daratannya, dengan kombinasi antara dataran rendah dan tingginya yang saling menyambung semakin memperluas cakupan kekayaan hayati tanah air. Laut yang sangat luas menyimpan kekayaan hewani dan potensi kelautan lainya. Di tanah kering pun, keberaneka ragaman flora dan fauna juga menambah inventaris kekayaan Indonesia. Belum lagi dengan penampakan alam nya yang indah, terbentang dengan sangat elok dari sabang hingga kota merauke. Semuanya merupakan kombinasi yang tepat mengisi kazanah negeri ini. Melihat semua potensi tersebut, tidak diragukan lagi memang Indonesia merupakan negara yang sangat kaya.

Sekian info tentang Paragraf Campuran ,,Semoga Bermanfaat Bagi anda

sumber : http://contohsuratku.com
Title : Contoh Paragraf Campuran Beserta Penjelasannya
Description : Contoh Paragraf Campuran Beserta Penjelasannya - Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang Paragraf Campuran  Langsung saja sobat,, Pen...

0 Response to "Contoh Paragraf Campuran Beserta Penjelasannya"

Post a Comment

Followers