Contoh Paragraf Generalisasi Beserta Penjelasannya

Contoh Paragraf Campuran Beserta Penjelasannya / pengertian - Halo sobat,,kali ini saya akan berbagi info tentang Contoh Paragraf Generalisasi ,,Langsung saja sobat...

Pengertian Paragraf Generalisasi
Paragraf generalisasi adalah sebuah paragraf yang memiliki disusun berdasarkan kumpulan fakta atau data yang saling berkaitan untuk menemukan sebuah kesimpulan pokok. Pada dasarnya ketika kita ingin membahas jenis paragraf ini, maka akan sangat sulit untuk membedakan dengan beberapa jenis paragraf lain seperti paragraf induktif atau analogi. Namun dengan lebih mengerti hal hal pokok dari paragraf generalisasi, kita akan semakin mudah memahaminya sebagai bagian yang berbeda satu sama lain.
Pada dasarnya pendekatan penulisan yang dianut dalam pembuatan paragraf generalisasi merupakan pendekatan riil yang sering kita alami sehari hari. Ada kalanya kita akan menggunakan fakta fakta yang telah diketahui sebelumnya sebagai kesimpulan dalam melangkah melakukan sesuatu. Nah sama hal nya dengan jenis paragraf ini, penulis juga dituntut agar bisa memberikan beberapa informasi, fakta atau data yang benar benar mampu mendukung apa yang akan menjadi kesimpulannya nanti.

Menilik kembali mengenai perbandingan dengan jenis paragraf lain. Paragraf generalisasi sebenarnya merupakan salah satu penurunan dari jenis paragraf induktif. Pola pengembangan dar khusus ke umum akan menampilkan gambaran pokok yang diekstraksi dari fakta dan data yang diberikan sebelumnya. Namun yang menjadikan jenis ini berbeda adalah diperlukannya data data penunjang yang benar benar valid dan meyakinkan.

Ciri-ciri Paragraf Generalisasi
Yang menjadi ciri ciri pokok dari sebuah paragraf generalisasi adalah sebagai berikut:
  1. Adanya fakta, data dan keterangan yang menjelaskan dengan detil kesimpulan akhir nanti. Hal ini merupakan bagian yang sangat penting artinya untuk membentuk sebuah paragraf generalisasi yang baik. Karena jika penulis gagal atau tidak mampu menampilkan informasi yang meyakinkan, maka kesimpulan yang akan diperolehpun juga tidak akan maksimal.
  2. Adanya keterkaitan antara informasi informasi yang digunakan dalam paragraf tersebut. Dengan adanya keterkaitan yang kuat, maka akan lebih memudahkan pembaca untuk mengerucutkan isi paragraf hingga pada akhirnya sampai pada kesimpulan.
  3. Adanya kesimpulan diakhir paragraf. Simpulan ini bersifat umum dan harus mampu mencakup apa yang telah dipaparkan sebelumnya.

Jenis Paragraf Generalisasi
Secara umum jenis paragraf generalisasi dapat dibedakan menjadi dua yaitu generalisasi dengan loncatan induktif dan generalisasi tanpa loncatan induktif. Loncatan induktif disini diartikan tidak adanya penyelidikan mendalam terlebih dahulu atas beberapa informasi yang dimasukkan ke dalam paragraf tersebut. Sehingga bisa artikan generalisasi dengan loncatan induktif adalah paragraf generalisasi dimana beberapa informasi yang ditampilkan bukanlah hasil dari penelitian yang mendalam. Sedangkan berkebalikan dengan generalisasi tanpa loncatan induktif yang seluruhnya berasal dari penelitian mendalam.

Contoh Paragraf Generalisasi
Pada ujian matematika yang diadakan dikelas 2B, hampir semua siswa mendapatkan nilai rata rata diatas 8. Hanya terdapat 2 siswa yang mendapat nilai 7,5 dan seorang siswa yang mendapat nilai 7. Namun ada juga cukup banyak siswa yang mendapat nilai 10. Sehingga bisa dikatakan bahwa siswa kelas 2B rata rata mempunyai kemampuan yang baik dalam mata pelajaran matematika.

nah,,Itulah informasi mengenai jenis paragraf generalisasi yang dapat saya sampaikan,,
Semoga bemanfaat bagi anda...Sekian dan terima kasih
Title : Contoh Paragraf Generalisasi Beserta Penjelasannya
Description : Contoh Paragraf Campuran Beserta Penjelasannya / pengertian - Halo sobat,,kali ini saya akan berbagi info tentang Contoh Paragraf Genera...

0 Response to "Contoh Paragraf Generalisasi Beserta Penjelasannya"

Post a Comment

Followers