Contoh Paragraf Eksposisi Beserta Penjelasannya

Contoh Paragraf Eksposisi Beserta Penjelasannya - Halo sobat,,kali ini saya akan berbagi ilmu tentang Paragraf Eksposisi,,

 Langsung saja sobat,,

Pengertian Paragraf Eksposisi
Paragraf eksposisi adalah jenis paragraf yang memiliki tujuan penulisan untuk memaparkan atau menjelaskan sesuatu ataupun sebuah informasi spesifik. Jenis paragraf ini lebih pada memberikan gambaran secara jelas mengenai pokok bahasan. Dalam hal ini yang menjadi pokok bahasan penulisan bisa merupakan sebuah ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan tersebut disajikan dengan lengkap dan valid berdasarkan materi materi yang telah ada dan telah dikumpulkan sebelumya.
Pada dasarnya menulis sebuah paragraf eksposisi memerlukan kemampuan pemahaan dalam sebuah bidang secara cukup mendalam. Hal tersebut menjadi hal yang sangat penting karena pada jenis paragraf ini sangat dituntut kebenaran dari informasi yang disajikan. Tidak jarang jenis paragraf eksposisi akan dijadikan sebagai sebuah rujukan penulisan atau bahkan bahan tulisan ilmiah. Jadi penulis harus benar benar memberikan data dan informasi yang valid.
Contoh Paragraf Eksposisi
Contoh Paragraf Eksposisi
Terkadang dalam menulis paragraf eksposisi kita tidak boleh memberikan penekanan yang bersifat persuasif atau bentuk ajakan yang lain. Fungsi dari jenis paragraf ini benar benar hanya berbagi informasi kepada pembaca, lebih baik lagi jika tulisan berjenis seperi ini akan bisa memberikan inspirasi dan pengetahuan tambahan bagi para pembacanya.

Ciri-ciri Paragraf Eksposisi
Beberapa hal yang menjadi pembeda antara jenis paragraf eksposisi dengan yang lain adalah:
  1. Adanya definisi atau pengertian dari sebuah istilah yang sedang dibahas. Dengan adanya ciri tersebut akan semakin meningkatkan kesan valid tidaknya informasi dalam paragraf tersebut. Hal ini akan semakin penting manakala dibarengi dengan penjelasan lanjutan yang memadahi.
  2. Adanya langkah,metode atau cara yang digunakan dalam proses yang sedang dibahas. Masih dengan tujuan yang sama dengan poin nomer 1, item ini juga akan membuat tulisan kita lebih informatif dan berbobot.
  3. Disajikan secara objektif. Objektivitas ialah salah satu hal yang paling penting dalam menulis paragraf eksposisi. Seorang penulis tidak diperkenankan untuk memberikan pemikiran atau pendapat pribadi dalam karangan paragraf eksposisinya. Lebih lebih seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak boleh ada unsur persuasif atau paksaan dalam jenis paragraf ini.

Contoh Paragraf Eksposisi
Berikut ini ialah contoh paragraf eksposisi yang bisa menjadi acuan untuk anda.
Ozone therapy meruapkan sebuah bentuk terapi kesahatan yang dilakukan dengan cara memberikan oksigen dan juga ozon khusus ke dalam darah manusia. Jenis terapi yang relatif masih baru ini merupakan alternatif bagus untuk mengobati beberapa macam penyakt seperti kanker dan juga tumor. Dengan aplikasi gas oksigen murni dan ozon ber energi tinggi, hal tersebut akan menekan zat zat negatif dalam tubuh keluar. Sebagai hasilnya metabolisme tubuhpun akan semakin kuat dan sehat.

Contoh 2
Jatuhnya pesawat berkapasitas 266 penumpang airbus A300- 600 merupakan peristiwa kedua bagi American Airlines beberapa detik lepas landas dari bandar udara internasional O’Hare Chicago, tiba-tiba mesin kiri lepas dari dudukannya. Pilot tidak bisa mengendalikan pesawat akibat keseimbangan pesawat mendadak berubah dengan jatuhnya mesin berbobot sekitar 5 ton. Pesawat mendarat dan menghujam tempat parkir kendaraan 31 detik kemudian dan 271 penumpang plus awak tewas seketika. Kecelakaan lain menyangkut mesin copot dialami oleh pesawat kargo El-Al milik flag carier Israel, 4 Oktober 1992. Mesin nomor empat atau yang paling ujung pada sayap kanan, tiba-tiba lepas akibat dua fuse-pin (baut kedudukan mesin) lepas. Disusul kemudian oleh mesin nomor tiga. Mendadak kehilangan dua mesin, pilot tidak dapat mengendalikan pesawat dan menabrak gedung bertingkat di Amsterdam, Belanda. Empat awak tewas berikut 47 penghuni flat yang ditabrak.

Beberapa Point Penting Karangan / Paragraf Eksposisi
A. Topik Topik Dalam Karangan Eksposisi
1. data faktual, yaitu suatu kondisi yang benar-benar terjadi, ada, dan dapat bersifat historis tentang   bagaimana suatu alat bekerja, bagaimana suatu peristiwa terjadi, dan sebagainya;

2. suatu analisis atau penafsiran objektif terhadap seperangkat fakta; dan

3. fakta tentang seseorang yang berpegang teguh pada suatu pendirian.

B. Contoh Urutan Analisis Eksposisi
1. urutan kronologis/proses, biasanya memaparkan proses, yaitu memberi penjelasan tentang bekerjanya sesuatu atau terjadinya suatu peristiwa,
2. urutan fungsional,
3. urutan atau analisis sebab akibat, dan
4. analisis perbandingan.

C. Langkah-langkah Menulis Eksposisi
1. menentukan tema,
2. menentukan tujuan karangan,
3. memilih data yang sesuai dengan tema, dan
4. membuat kerangka karangan, mengembangkan kerangka menjadi karangan.

D. Langkah-langkah Menyusun Paragraf Proses
Pola pengembangan karangan eksposisi bisa bermacam-macam, di antaranya pola pengembangan proses. Paragraf proses itu menyangkut jawaban atas pertanyaan bagaimana bekerjanya, bagaimana mengerjakan hal itu (membuat hal ini), bagaimana barang itu disusun, bagaimana hal itu terjadi. Berikut langkah penulisannya :
1. Penulis harus mengetahui perincian secara menyeluruh.
2. Membagi perincian atas tahaptahap kejadiannya. Bila tahaptahap kejadian ini berlangsung dalam waktu yang berlainan, penulis harus memisahkan dan mengurutkannya secara kronologis.

Semoga informasi singkat mengenai paragraf eksposisi di atas dapat bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih
Title : Contoh Paragraf Eksposisi Beserta Penjelasannya
Description : Contoh Paragraf Eksposisi Beserta Penjelasannya - Halo sobat,,kali ini saya akan berbagi ilmu te...

0 Response to "Contoh Paragraf Eksposisi Beserta Penjelasannya"

Post a Comment

Followers

Lencana Google+

Pengikut Google+