Contoh Surat Pengunduran Diri / Surat Resign Beserta Penjelasannya

 
Contoh Surat Pengunduran Diri / Surat Resign Beserta Penjelasannya – Halo sobat,,kali ini saya akan mengulas sedikit tentang surat pengunduran diri atau yang biasa juga disebut surat resign.  Surat Resign biasanya dibuat ketika kita ingin keluar dari perusahaan tempat kita bekerja.   Ada banyak alasan mengapa kita memilih untuk keluar dari perusahaan tersebut, antara lain adalah mendapatkan pekerjaan baru, jenuh dengan suasana kantor, tertekan, ingin membuka usaha sendiri, atau karena gaji yang tidak sesuai.
Didalam penulisan Surat Resign ini sama hal nya dengan menulis surat lamaran pekerjaan, dimana kita harus memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. Isi dari surat pengunduran diri ini harus juga memakai tata krama yang sopan agar tidak menimbulkan kesalah pahaman antara kita ,teman sekantor dan atasan kita tentunya.
Disini saya akan memberikan contoh surat resign, tapi sebelum itu saya akan memberikan beberapa hal yang menurut saya penting dan harus anda ketahui dalam menulis surat resign/pengunduran diri.

Beberapa Hal Penting dalam Surat Resign

Hal – hal penting yang saya maksud dalam ketika anda ingin mengajukan surat resign tersebut adalah :
  1. Tulislah surat pengunduran diri anda dengan singkat, jelas dan padat, dan usahakan bahasa yang anda gunakan adalah bahasa yang manis dan sopan.
  2. Agar tidak menimbulkan tanda tanya besar dan pemikiran negatif oleh atasan dan teman kantor anda , tidak ada salah nya jika anda memberikan ucapan terima kasih, rasa bangga, dan pujian secukupnya untuk perusahaan dan rekan-rekan seperjuangan anda di kantor yang akan anda tinggalkan.
  3. Ada baiknya jika anda tetap merahasiakan dan tidak membeberkan secara rinci di dalam lisan maupun tulisan mengenai alasan mengapa anda memilih mengundurkan diri.
  4. Sebelum anda benar-benar berhenti untuk bekerja, berilah kesempatan kepada atasan dan teman kerja anda untuk mencari pengganti anda. Biasanya perusahaan juga akan meminta waktu agar anda bersedia untuk melakukan training pengalihan kerja kepada orang atau karyawan yang akan menggantikan anda.
  5. Berikan kenang-kenangan atau cinderamata jika perlu agar anda juga meninggalkan kesan yang baik di perusahaan yang akan anda tinggalkan tersebut.
Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menulis surat pengunduran diri. Sekarang, sebagai bahan referensi untuk anda, saya akan membuat dua contoh surat pengunduran diri/resign seperti dibawah ini.

Contoh Surat Resign

Berikut ini akan disajikan dua contoh surat resign yang bisa menjadi bahan untuk anda pertimbangkan.

Contoh Surat Resign 1

Bondowoso, 23 Januari 2013
Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Sahabat Sakti
Jl. Raden Fattah No. 11
Bondowoso

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya Mohammad Arief dengan berat hati bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Sahabat Sakti sebagai Spv. Accounting, terhitung sejak tanggal 01 Februari 2013.
Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja dan belajar di PT. Sahabat Sakti. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Sahabat Sakti apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.
Saya berharap selalu bahwa PT. Sahabat Sakti dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan predikat yang terbaik di mata masyarakat dan para relasi yang telah terjalin dengan baik.

Hormat Saya,

Mohammad Arief

Contoh Surat Resign 2

Jember, 22 Mei 2013
Kepada Yth,
Dir. HRD PT. Panca Bahana
Di
Tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Dono Yulianto
Departemen : Perkebunan
Jabatan : Staf Karyawan
No.Karyawan : 1283568465
Berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama ( SKB) PT. Panca Bahana  tentang kekaryawanan dan Undang – Undang tenaga kerja maka saya dengan berat hati bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri.

Niat saya ini berlandaskan pada kesadaran akan kesehatan saya sekaligus saya dan keluarga harus pindah keluar kota disebabkan ada persoalan keluarga yang tidak dapat saya ceritakan dalam surat ini.

Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif dari siapapun. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak – hak saya sesuai ketentuan yang telah berlaku.
Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Dono Yulianto


Nah,,Itu lah tadi beberapa tips dan contoh surat pengunduran diri/resign yang bisa saya berikan untuk referensi bagi teman-teman yang sedang dalam rencana mengundurkan diri dari pekerjaan. Saya yakin anda dapat membedakan model bahasa dari kedua contoh surat pengunduran diri di atas. Silakan disesuaikan dengan situasi dan keperluan anda.

sumber ; http://contohsuratku.com
Title : Contoh Surat Pengunduran Diri / Surat Resign Beserta Penjelasannya
Description :   Contoh Surat Pengunduran Diri / Surat Resign Beserta Penjelasannya – Halo sobat,,kali ini saya akan mengulas sedikit tentang surat pe...

0 Response to "Contoh Surat Pengunduran Diri / Surat Resign Beserta Penjelasannya"

Post a Comment

Followers