30 Juni 2013

Contoh Paragraf Induktif Beserta Penjelasannya

Contoh Paragraf Induktif Beserta Penjelasannya - Halo sobat,,kali ini saa akan berbagi info tentang Paragraf Induktif,,
Langsung saja sobat ...  

Pengertian Paragraf Induktif
Paragraf induktif adalah salah satu jenis paragraf yang memiliki fungsi untuk menerangkan atau memaparkan suatu pokok bahasan atau masalah dengan pola penulisan dari khusus ke umum. Maksud dari pernyataan pola penulisan khusus ke umum adalah paragraf ini akan memberikan informasi, keterangan atau fakta rinci atau yang lebih sempit lingkupnya terlebih dahulu baru kemudian dengan cermat memberikan keterangan yang lebih umum atau simpulan pokok bahasan di akhir paragraf.
Jenis paragraf ini dikenal juga dengan paragraf yang memiliki kalimat utama di akhir paragraf. Banyak referensi kebahasaan yang mengatakan hal serupa, namun informasi umum yang dimasuk kan di akhir paragraf tersebut tentunya tidak hanya berbentuk sebuah kalimat, ide pokok tersebut juga bisa terbagi dalam lebih dari satu kalimat utuh. Jadi untuk memahami jenis paragraf ini, anda harus memandangnya secara keseluruhan.
Terkadang pola dari jenis paragraf ini juga akan menampilkan keterangan atau ide pokok pada awal paragraf. Jadi susunan lengkapnya  akan menjadi umum-khusus-umum. Dan yang wajib dipahami adalah ide pokok yang terdapat di awal paragraf hanyalah menjadi pembuka untuk memberikan gambaran apa yang akan dibahas dalam paragraf tersebut. Selebihnya akan ditegaskan kembali di akhir paragraf.

Ciri-ciri Paragraf Induktif
Secara umum kita bisa melhat ciri-ciri dari jenis paragraf induktif,  yaitu sebagai berikut:
  1. Adanya keterangan, informasi atau ide yang bersifat khusus pada awal dan pertengahan paragraf. Biasanya keterangan tersebut terdapat dalam jumlah yang cukup banyak disertai dengan pendukung lain seperti fakta fakta tertaik.
  2. Adanya keterangan, informasi atau ide yang bersifat umum di akhir paragraf. Namun terkadang juga ditemukan hal serupa di awal paragraf untuk memperkenalkan bahasan dari paragraf tersebut.
  3. Adanya penguat di akhir paragraf yang menunjukkan simpulan dari paragraf tersebut.

Contoh Paragraf Induktif

Banyak petani didesa yg mengeluh akibat hama-penyaki yg menyerang padi mengakibatkan hasil panen tidak maksimal. Hama-penyakit yg sering menyerang padi dan harus diwaspadai adalah wereng coklat, wereng hijau, blas, dan, penggerek batang. Hama-hama penyakit semacam itu merupakan bukti bahwa pada panen-panen terakhir ini para petani tidak selalu untung.
 
Berikut ini contoh paragraf induktif dengan tema pendidikan:

Kesempatan mendapatkan pendidikan diharapkan akan semakin maju kedepan. Pemerintah telah mencanangkan cukup banyak program terkait dengan peningkatan mutu dan juga kualitas dari pendidikan di Indonesia. Diantaranya adalah program sekolah gratis. Program tersebut merupakan langkah nyata yang diharapkan bisa mengatasi problematika dunia pendidikan. Tidak akan ada alasan bagi siswa untuk kesulitan mendapat pendidikan yang layak. Tidak hanya itu, kini telah banyak juga bantuan beasiswa yang bisa menjadi alternatif lain mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Para siswa baik dengan ekonomi yang kurang memadahi atau pun siswa dengan prestasi membanggakan mendapatkan perhatian yang sama besarnya. Dan pastinya, dengan semua usaha bersama tersebut, tujuan pemerintah untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan akan dapat tercapai dengan baik.

Sekian info tentang Paragraf Induktif ,,Semoga informasi mengenai paragraf induktif diatas dapat membantu pembaca sekalian. Terima kasih
thumbnail
Judul: Contoh Paragraf Induktif Beserta Penjelasannya
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Pendidikan :

1 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz