Contoh Surat Keterangan Beserta Penjelasannya

Contoh Surat Keterangan Beserta Penjelasannya - Surat keterangan merupakan salah satu dari sekian banyak surat yang paling sering dibuat, hal tersebut dikarenakan isi dari surat ini berkaitan erat dengan aktifitas sehari-hari.    Surat keterangan tidak dapat dibuat oleh perorangan, surat ini hanya bisa dibuat oleh suatu organisasi oleh sebab itu surat ini bisa digolongkan ke dalam bentuk surat resmi.     Apabila surat yang dikeluarkan oleh perorangan maka bukan dinamakan surat keterangan melainkan surat pernyataan.
Dalam membuat surat-menyurat tentunya harus memperhatikan hal-hal penting yang seharusnya dicantumkan didalamnya, begitu pula dalam menuliskan surat keterangan, berikut beberapa hal penting yang seharusnya diperhatikan :
  • Objek yang diterangkan.  Yang menjadi obyek  dalam sebuah surat keterangan adalah yang meminta surat keterangan itu dikeluarkan.
  • Sifat keterangan.  Surat keterangan harus berisi sesuatu yang bersifat umum dalam artinya isinya bukanlah sesuatu yang rahasia. Jadi yang diberikan keterangan harus mengetahui apa isinya.
  • Isi keterangan.  Seperti halnya disebutkan dalam point ke dua diatas isi surat berisi tentang hal yang umum saja.   Jadi dalam membuat surat keterangan tidak perlu menyebutkan apa menjadi hal positif dan negatif bagi orang yang diterangkan.  Tidak seperti surat rekomendasi yang menyebutkan hal-hal baik tentang orang yang diberikan rekomendasi.

Apabila dilihat dari derajat kepentingannya, maka bisa kelompokkan menjadi 2 (dua) macam, yakni  :
  1. Biasa
  2. Penting
Hal yang menjadi tolak ukur surat keterangan tersebut dapat dikatakan biasa dan juga penting adalah dilihat dari dejajat kepentingnya.  Sedangkan derajat kepetingan itu sendiri dilihat dari dampak setelah dikeluarkannya surat keterangan tersebut.

Pokok-Pokok Surat Keterangan
Pokok-pokok yang harus ada dalam surat keterangan adalah sebagai berikut :
  1. Data pribadi orang yang mengeluarkan surat keterangan (pihak yang menerangkan)
  2. Data pribadi orang yang meminta dikeluarkannya surat keterangan (pihak yang diterangkan)
  3. Isi keterangan
  4. Tujuan dikeluarkannya surat
  5. Penutup, biasanya memuat harapan dan juga himbauan agar pihak ketiga maklum.

Contoh Surat Keterangan 

KOP SURAT

SURAT KETERANGAN PINDAH SEKOLAH
Nomor :  ….. / ……. / VI / 2013
Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala SDN …………. Kecamatan ………………….  Kabupaten …………………, dengan ini menerangkan bahwa:

 Nama Tempat Tanggal Lahir
Nomor Induk
Jenis Kelamin
Tingkat Kelas
Naufa Zahra Rafifah :  Kuala Kapuas, 9 Maret 2000
:  1001
:  Perempuan
:  2 (Dua)
Sesuai dengan Surat Permohonan Pindah Sekolah oleh Wali Murid di bawah ini:

Nama Pekerjaan                  .
Alamat
Tanggal
EKO SUSANTO :  Wirasawsta
:  Jl. Kalimantan Palangka Raya
:  14 Juni 2013
telah mengajukan Pindah Sekolah ke SDN …………………….. Alamat: …………….. Provinsi Kalimantan Tengah.
Bersama ini kami sertakan Buku Laporan Pendidikan (Raport) yang bersangkutan.       Demikian Surat Keterangan Pindah ini diberikan, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Paangka Raya, 15 Juni 2013
Kepala SDN ……,


NAMA LENGKAP
NIP. …………..

Sekian info tentang Contoh Surat Keterangan Beserta Penjelasannya,, semoga dapat memebrikan manfaat bagi anda .Terima kasih Sudah berkunjung.

sumber : http://contohsuratku.com
Title : Contoh Surat Keterangan Beserta Penjelasannya
Description : Contoh Surat Keterangan Beserta Penjelasannya - Surat keterangan merupakan salah satu dari sekian banyak surat yang paling sering dibua...

0 Response to "Contoh Surat Keterangan Beserta Penjelasannya"

Post a Comment

Followers