11 Tips Menghemat Kuota Internet untuk Modem

Tips Menghemat Kuota Internet untuk Modem - Langsung saja tanpa panjang lebar, berikut beberapa cara atau tips yang sangat mudah untuk dipraktekkan/diuji agar pemakaian kuota internet anda lebih hemat atau awet.
1. Atur Gaya Berinternet (Mulailah hidup baru di dunia maya)
Anda yang sering browsing atau aktif di sebuah forum online mungkin terbiasa dengan aktifitas klik kanan + open in new tab. Nah, gaya berinternet seperti ini sebenarnya tak ada masalah, namun jika terlalu banyak juga hanya akan menyusahkan. Makanya, minimalisir "open in new tab" atau berikan waktu jeda, karena kuota internet anda akan disedot hebat jika beberapa pages terbukan bersamaan. biasakan membuka tab yang diperlukan saja.

2. Tutup halaman yang tidak penting
Saking asiknya berinternet, mungkin anda akan lupa menutup beberapa page yang sudah tidak anda perlukan.

3. Matikan update otomatis
Nah, hal ini perlu diperhatikan dengan seksama karena update otomatis biasanya berjalan di belakang layar (background) sehingga kita tidak tahu kapan sebuat program mengupdate dirinya sendiri. Cek beberapa program yang biasanya menuntut anda untuk melakukan update otomatis, seperti Windows 7, berbagai adobe yang terinstal di komputer atau laptop anda, browser seperti mozila dan chrome, atau program lainnya.

4. Disable add-on pada browser.
Pada browser Mozila Firefox kita mengenal istilah add-on, sementara di Chrome disebut extension. Nah, non-aktifkanlah add-on atau extention yang tidak anda gunakan atau tidak penting-penting amat, misalnya saya menon-aktifkan add-on IDM, alexa toolbar, dan BitDeffender Tollbar pada Firefox.

5. Hindari upload dan Download
Poin ini pasti membuat hati teman-teman tidak senang, terhubung ke internet tanpa mendownload atau mengupload nyaris sama seperti sayur tanpa garam. Tapi, demi keawetan paket internet anda yang berbasis sistem kuota, anda sebaiknya pilah-pilih mana saja yang penting untuk di download dan apakah anda harus mengupload sebuah file.

Pengalaman saya, untuk kegiatan download atau upload, kebetulan saya sering begadang, maka saya mengginakan pake tengah malam,agar mendapatkan kuota download yang besar dengan harga yang murah, sehingga paket internet regular hanya intuk browsing dan update blog saja.

6. Hindari video chatting
Anda terbiasa dengan video catting/calling? Kegiatan ini sangat baik untuk menghabiskan kuota internet anda, sebagaimana yang saya dapatkan dari beberapa blog teman. Saya sendiri tidak pengalaman dengan video chating setingga kurang mengerti bagaimana pengaruhnya.

7. Hindari main game online
Teman-teman yang sudah kecanduan dengan game online pasti sangat sulit mengerti. Untuk tips ini, saya hanya bisa menyarankan agar teman-temantidak lagi memanfaatkan modem untuk terhubung ke jaringan internet, walaupun ada paket internet yang ditawarkan beberapa provider dengan kuota yang besar, anda hanya akan menghabiskan uang banyak karena kuota yang besar berarti harga yang semakin mahal. Sementara karena anda kecanduan, anda pasti kesulitan mengontrol penggunaan internet.

8. Hindari nonton di Youtube
Apakah ini berarti bahwa anda tidak bisa menikmati video-video yang ada  di youtube?, teman-temanlah yang memutuskan, situs youtube mengambil banyak kuota internet melalui buffering dan penayangan video.

9. Hindari TV online atau streaming
Seperti game online dan youtube, tv online atau streaming memakan banyak kuota untuk melakukan transfer video.

10. Hindari web analytics (untuk para blogger)
Nah, ini penting buat para pengguna internet yang hobi blogging, hindari kebiasaan anda berlama-lama membukan situs-situs yang menawarkan jasa web analysitics, misalnya google analytics. Beberapa teman blogger mengalami pengalaman penuh derita karena mengakses web analytics. Situs seperti ini menyedot kuota karena aktifitasnya melaukan analisa dan mengudate konten analysanya.

Saran saya, kunjungi situs seperti ini dalam jangka waktu tertentu, misalnya 2 atau 3 hari sekali, bukankan kita tetap masih bisa melihat analisa beberapa hari sebelumnya.

11. Gunakan mobile view (Untuk pecinta socmed)
Nah, ini bagian terakhir. Bagi teman-teman yang lebih banyak menghabiskan waktu internet dengan bersocmed alias social media, timbang-timbanglah dalam membuka situs tersebut dengan menggunakan mobile view. Misalnya facebook = http://m.facebook.com.

Demikian beberapa poin berpengaruh buruk terhadap keawetan kuota internet yang perlu teman-teman ketahui.

Ada beberapa cara lain juga yang bisa teman-teman tempuh, misalnya memasang add-on tertentu untuk mengompres gambar yang berukuran besar, sehingga halaman anda semakin ringan dibuka. Ada banyak teman-teman blogger yang menyediakan informasi dan tutorial tersebut, hal ini belum saya alami sehingga saya tidak tahu bagaimana kinerja tools tersebut untuk mensukseskan program hemat kouta internet kita.

sumber : http://www.orangbiasaji.com
Title : 11 Tips Menghemat Kuota Internet untuk Modem
Description :   Tips Menghemat Kuota Internet untuk Modem - Langsung saja tanpa panjang lebar, berikut beberapa cara atau tips yang sangat mudah untu...

0 Response to "11 Tips Menghemat Kuota Internet untuk Modem"

Post a Comment

Followers