Cara Membentuk Kebiasaan Bahagia Untuk Orang Sibuk


Cara Membentuk Kebiasaan Bahagia Untuk Orang Sibuk - Halo Sobat,,Kali ini saya akan berbagi info untuk membentuk kebiasaan bahagia untuk anda semua,,

Bagi orang sibuk suatu kebahagiaan seringkali sangat didambakan,karena mereka tidak memiliki waktu untuk mencari kesenangan sendiri,,nah berikut cara-cara yang membuat anda bahagia:

1.       MEMAKNAI KEMBALI ARTI KEBAHAGIAAN
Kita hatus memaknai arti kebahagiaan menurut kita sendiri,,idealnya kita harus mencoba mengalami dan menikmati semua jenis Emosi Positif, Pahamilah bahwa hal yang membuat anda bagagiaberbeda dari hal yang membuat orang lain bahagia, Coba Anda catat sebanyak mungkin emosi positif yang anda tahu, kapan saja terbayang emosi positif tsb jangan ragu untuk menambahkan dalam catatan itu, Dengan artian bahwa kebahagiaan merupakan fenomena yang harus berkembang.

2.       JANGAN BATASI POTENSI ANDA
Potensi yang kita miliki seringkali terhambat oleh batasan-batasan yang kita ciptakan sendiri, Mengenali batasan-batasan tersebut adalah langkah awal agar kita bisa menaklukkannya, Cobalah bekerja diluar jangkauan kenyamanan anda kenyamanan anda mungkin suatu saat nanti anda akan menemukan kebahagiaan diluar pemikiran anda.

3.       KURANGI TUNTUTAN “KEHARUSAN”
Banyak orang yang tidak bahagia tetap melakukan rutinitas mereka padahal tindakan itulah yang menjadi penyebab ketidakbahagiaan mereka, Banyak dari tindakan berulang ini berakar dari satu kata yaitu “harus”,,kita masing-masing mempunyai tanggung jawab yang kita pikul,akan tetapi kita semua tak jarang harus menghadapi kata “harus” yang tak Beralasan, yaitu kekhawatiran-khawatiran yang hanya menjadi tekanan padahal dalam skema yang lebih besar. Kekhawatiran tersebut mungkin sama sekali tidak sepenting yang kita kira,kurangi “keharusan” dan mulai membentuk pola-pola baru yang lebih sesuai dengan hidup dan minat anda pada saat ini, Manfaatkan waktu untuk mengenal anda lebih jauh dan bersiap dengan sikap yang positif.

4.       CIPTAKAN “HAPPY HOUR”
Tak perlu menunggu waktu khusus untuk menyenangkan diri anda, Susunlah daftar kegiatan yang bisa menimbulkan kebahagiaan dan mulailah memasukkannya dalam jadwal rutin anda, Manfaatkan waktu ini utk mengenal diri anda lebih jauh dan bersiap dengan sikap yang positif.

5.       LAKUKAN PERUBAHAN BERTAHAP
Seringkali orang frustasi dan tidak sabar ketika mereka tak bisa segera mencapai perubahan besar dalam hidup mereka, saya sarankan anda untuk berpikir bahwa cara terbaik untuk meraih perubahan hidup yang besar dan bermakna yaitu dengan cara membuat banyak rencana kecil secara rutin, dengan kata lain anda tidak harus mengubah hidup anda dalam sehari, Jika anda melakukan perubahan kecil yang positif secara rutin maka pada akhirnya anda akan mengalami manfaat perubahan hidup yang signifikan.  

6.       UBAH KEBIASAAN BURUK ANDA
Anda membutuhkan Sebuah sistem yg pada saat yang sama bisa menggantikan kebiasaan buruk anda dengan kebiasaan-kebiasaan yang baru yang lebih berguna. Anda akan lebih cenderung mengurangi kebiasaan buruk yang sudah ada jika anda menggantinya dgn kebiasaan yg positif, misalnya orang yang kelebihan berat badan seringkali berhasil menurunkan berat badan jika mereka mengganti makanan yang tidak diinginkan dengan makanan yang lebih menyehatkan daripada tidak makan sama sekali.

7.       RAPIKAN HIDUP ANDA
Mulailah dengan menyingkirkan hal-hal atau benda-benda yang tidak lagi anda perlukan, hindari keinginan untuk menyimpan benda-benda yang bersifat sentimentil, meskipun kenang-kenangan bisa menjadi pemantik yang bagus untuk membangkitkan pikiran-pikiran kebahagiaan tapi menyimpan hal-hal dari masa lalu bisa menghalangi anda untuk bisa melihat kearah masa depan, Hal yang sama berlaku juga pada pikiran-pikiran yang terjadi berulang, misalnya dendam atau penyesalan, buatlah pijakan untuk melepaskan hal-hal itu dari waktu ke waktu, Buanglah sampah fisik dan psikologi dalam interval rutin dan nikmati  anda.

8.       SELESAIKAN SEKARANG JUGA
Menghindar adalah cara yang umum untuk mengatasi masalah,kita semua pastipernah melakukannyatapi hal ini hanya mengatasi masalah anda dalam jangka pendek,ketika kita punya masalah yang tidak terselesaikan,kita didera kecemasan emosional yang bisa membuat kita sangat tertekan ,jadi jika sesuatu tidak berjalan baik lakukan sesuatu terhadap masalah itu.Jika sesuatu itu perlu dilakukan kerjakan saja,semakin lama pula anda akan frustasi dan tidak nyaman.

9.       LIHAT KEMBALI CARA ANDA DIDIDIK
Keyakinan inti yang kita rasakan biasanya tumbuh dari masa kecil artinya bahwa pembantu yang paling berpengaruh dari keyakinan ini adalah orang tua kita,melihat pengaruh orang tua terhadap anda secara objektif bisa memperjelas dan membebaskan diri anda (Meskipun menyalahkan orang tua atas kelemahan anda hanya akan mengurangi prokdutivitas) saya sarankan untuk mempertimbangkan apakah semua yang orang tua kita lakukan atau katakan adalah benar??bahkan jika memang brnar untuk mereka pada saat itu apakah masih bermanfaat untuk anda saat ini tidak ada pikiran atau cara berfikir yang sempurna namun yang harus anda upayakan adalah memiliki pikiran pikiran yang bermanfaat untuk anda,dengan mempertimbangkan situasi anda pada masa sekarang.

1.    SALING MEMAAFKAN
Kesanggupan untuk memaafkan orang lain merupakan suatu bagian penting dari kebahagiaan. Amatlah tidak sehat jika membiarkan emosi mengambil alih hidup anda atau mempengaruhi kinerja anda.Setiap menit yang anda habiskan demi memelihara sifat sengit atau kemarahan, anda telah kehilangan satu menit peluang untuk menjadi bahagia.

1.    JADILAH GURU BAGI DIRI ANDA SENDIRI
Tanyakan pada diri anda, “apa yang dikatakan oleh guruku??”, “Apa yang mereka sarankan??”,,simpanlah semua nasehat berguna yang pernah anda berikan pada orang lain, seringkali kita merasa nyaman mengarahkan orang lain tetapi jadi kewalahan jika diterapkan pada diri sendiri, Lihatlah situasi secara objektif, mungkin andalah orang yang paling tepat untik menasehati diri anda sendiri. Belajar untuk mencukupi diri sendiri akan membangun kepercayaan diri anda dan bertanggung jawab terhadap hidup anda sendiri.berarti bahwa semua kesuksesan hanya ditentukan oleh anda, Semakin cepat anda mempercayai diri sendiri maka semakin cepat positif pula perasaan anda terhadap tingkat kendali hidup anda.

1.    KENALI KELEBIHAN ANDA
Kita masing-masing memiliki kekurangan yang unik, dan inilah yang membuat hidup kita penuh manfaat, anda hanya harus menerima diri anda apa adanya dan menerima orang lain apa adanya. Usahakan selalu melihat sisi baik masing-masing. Bagi anda yang ingin mengalami lebih banyak kebahagiaan, maka cari tahu bakat kita dan perjuangkan bakat tersebut. Libatkan diri anda dalam kegiatan yang menonjolkan kekuatan yang anda miliki dan hindari mencaci diri sendiri atas kekurangan anda.

1.    MENYATU DENGAN IRAMA
Menyatu dengan irama adalah suatu perasaan yang dialami ketika anda terlibat dalam sesuatu yang begitu dalam sehingga tak ada hal yang lebih penting dan sampai anda pun lupa waktu, Jika anda punya waktu luang pilihlah tugas yang lebih menantang meskipun kesenangan yang ditimbulkan kecil, kemudian catatlah dampak sesudahnya. Usahakan untuk melakukan lebih banyak tugas semacam ini, Tanyakan diri anda bagaimana anda bisa mengalami penenggelaman diri lebih banyak, Jangan hanya mengejar sesuatu yang mudah.

1.    PINDAHKAN KETERAMPILAN ANDA
Keterampilan yang menuntun ke arah kesuksesan dalam satu bidang kehidupan kita sebenarnya bisa juga menuju kesuksesan dalam bidang-bidang lain. Kebahagiaan dan kesuksesan sering menghampiri orang-orang yang cakap dalam mendayagunakan kekuatan dalam satu bidang sebagaimana dalam bidang lain.

1.    TETAP FOKUS
Saat kita cemas, kita dihantui masa depan dan sat kita menyesal kita lebih banyak terpaku mengenai masa lalu, Kemanapun pikiran anda kita arahkan keduanya sama-sama merugikan kita. Kita tercerabut dari masa kini, Pada titik ini kita tak bisa menikmati apa yang kita miliki sekarang dan mempersulit kita menemukan pemecahan masalah atau sekedar mencari cara demi memperkuat hubungan dengan orang-orang yang kita sayangi.

1.    SEDIAKAN DIARI UNTUK MENCATAT HAL-HAL POSITIF
Cara mudah untuk mengucapkan rasa syukur adalah dengan menyediakan sebuah diari untuk mencatat kejadian-kejadian positif, Hal yang anda butuhkan hanya sebuah kertas dan pulpen, Catatlah 3-5 hal baik yang terjadi pada hari itu, Upayakan adanya hal baik setiap hari dan membuang hal negatif yang tidak menguntungkan.

1.    LATIHAN BERTERIMA KASIH
Jika anda memilih untuk melihat dunia melalui kacamata optimisme maka anda cukup f yang sudah anda alami, Salah satu sikap optimis yaitu dengan mengucapkan syukur dan terima kasih setiap malam sebelum tidur atau setiap pagi saat anda terbangun dan memulai hari.Ungkapkan terima kasih pada setiap orang yang memberikan warna dalam hidup anda.
1.    JADIKAN ISTIRAHAT SEBAGAI PRIORITAS
Gunakan Waktu istirahat anda untuk menyegarkan, menguatkan, dan menentramkan diri serta memulihkan semangat anda, Salah satu caranya adalah tidur,Jadikan waktu tidur anda sebagai prioritas.
1.    BERIKAN IMBALAN PADA DIRI ANDA SENDIRI
Berikan imbalan pada diri anda sendiri jika berhasil mempraktikkan strategi atau melakukan hal yang baik untuk perbaikan Mood dan kesehatan, Jangan lupa untuk mengingatkan pada diri anda sendiri bahwa anda sudah melakukan yang baik.
2.    INGATLAH UNTUK TERUS BAHAGIA
Orang hanya lupa untuk mempraktikkan hal-hal yang telah mereka ketahui sebagai hal-hal yang bisa membuat mereka bahkan lupa kebahagiaan itu sendiri sangat penting dalam hidup mereka, Jadi Ingatlah untuk Selalu bahagia. 

Sekian info tentang Cara Membentuk Kebiasaan Bahagia Untuk Orang Sibuk,,Semoga bermanfaat...
Title : Cara Membentuk Kebiasaan Bahagia Untuk Orang Sibuk
Description : Cara Membentuk Kebiasaan Bahagia Untuk Orang Sibuk - Halo Sobat,,Kali ini saya akan berbagi info untuk membentuk kebiasaan bahagia untu...

0 Response to "Cara Membentuk Kebiasaan Bahagia Untuk Orang Sibuk"

Post a Comment

Followers