Tips Memilih Powerbank yang yang Baik dan Berkualitas

Halo sobat,,kali ini saya akan berbagi info tentang Tips Memilih Powerbank yang yang Baik dan Berkualitas,,
Sekarang sudah banyak sekali model dan pilihan power bank yang digunakan sebagai cadangan baterai ketika di perjalanan. Tentunya ga asik kan kalo di jalan tiba-tiba baterai ponsel ataupun tablet yang semisal difungsikan untuk mendapatkan peta ternyata habis baterainya. Tapi sebelum membeli power bank harus diketahui dulu beberapa hal agar tidak merusak gadget ataupun ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan, rugi banget kan. Ikuti yuk beberapa tips berikut ini!


1. Lihat Tegangan Output
Ketika membeli power bank pasti kita akan mendapat kabel yang satu seperti USB dihubungkan ke power bank dan satunya lagi biasanya dengan banyak cabang dihubungkan ke gadget. Nah biasanya ada tulisan 1A dan 2A yang menunjukkan ampere. Kalo semisal kita punya ponsel dengan baterai 1500 mAh, dengan menggunakan kabel colokan 1A berarti perlu waktu mengisi sekitar 1.5 jam dan berarti kalo memakai 2A hanya perlu mengisi 45 menit. Ini tidak sepenuhnya salah tetapi ada beberapa gadget yang tidak mengijinkannya jadi walaupun dipake kabel 2A tetap pengisiannya menggunakan 1A.

2. Model dan Kualitas
Di pasaran banyak sekali model dan kualitas dari power bank. Sebaiknya pilih yang portable dan tidak terlalu besar sehingga tidak repot dibawa bepergian dan juga kualitas dari cell baterainya pilih Japan Cell atau Sanyo karena 2 cell ini memang sudah terbukti bagus.

3. Ketahui Kapasitas Power BankSangat penting banget dalam memilih kapasitas karena ini akan mengetahui berapa kali kita bisa men-charge gadget dengan kapasitas total powerbank tersebut. Misalnya kita punya Sony Xperia M dengan kapasitas baterai 1530 mAh jadi kita perlu power bank dengan kapasitas yang sama atau lebih besar semisal membeli kapasitas 3000 mAh jadi kita bisa men-charge 2x. Atau semisal membeli power bank dengan kapasitas 8600 mAh berarti kita bisa ngecharge sekali Galaxy Tab 3 dengan kapasitas baterai 6800 mAh dan sekali Xperia M dengan baterai 1530 mAh. Ini hanya hitungan kasar karena masih ada loss atau daya yang hilang sehingga tentunya dipastikan pengisian berikutnya tidak akan sampai penuh.

4. Kelengkapan Power Bank
Biasanya power bank memiliki kabel A/C, konektor, lampu indikator, baterai asli dan usahakan membeli powerbank baru bukan yang bekas karena ini sangat mempengaruhi daya tahan baterai untuk mengisi gadget anda.

5. Cermati Fitur Yang Dimiliki Power Bank

Ada beberapa fitur keselamatan yang harus ada karena bahaya tidak memandang kapan akan terjadi semisal korslet yang mengakibatkan kebakaran.
- Overcharge, perlu ada perlindungan ini dimana power bank akan melindungi gadget anda dari arus yang berlebihan ketika pengisian sudah penuh. Jika tidak ada tentunya bisa memperpendek umur baterai dari powerbank dan juga gadget anda.
- Short Circuit, atau biasa dikenal arus pendek dimana bisa melindungi gadget dari hal ini yang biasanya salah satu penyebab terjadinya kebakaran.
- High Temperature, diperlukan perlindungan agar power bank mendeteksi ketika menyuplai daya ke gadget tidak menimbulkan panas yang berlebihan.

6. Gunakan Kabel Gadget Asli
Bagi yang punya gadget merk lokal mungkin tidak masalah tapi jika punya gadget mahal lebih baik gunakan kabel asli yang dihubungkan ke power bank. Mengapa? Ini karena kabel asli bawaan pabrik lebih stabil mengeluarkan output dibandingkan kabel bawaan dari power bank. Jangan sampai gadget anda rusak karena hal ini.

7. Garansi Minimal 1 TahunKarena banyak sekali power bank model palsu, biasanya mereka tidak terlalu memberi garansi dengan rentang waktu yang lama. Pastikan juga itu bukan garansi toko tapi memang benar garansi dari pabrik resmi. Garansi minimal setahun membuktikan bahwa power bank merk tersebut memang berkualitas bagus sehingga mereka berani menjamin produk mereka.

8. Harga Mahal Lebih Terjamin
Masa punya gadget mahal tapi malah beli power bank murahan yang nantinya berakibat gadget lebih cepat rusak, ga asik kan? Jadi kalo memang sayang dengan gadget lebih baik cari tau dulu merk asli dengan kapasitas semisal 5000 mAh rentang harganya sekitar berapa. Sumber selain dari penjual power bank juga banyak kok di internet.

Nah,itulah sedikit info tenteng Tips Memilih Powerbank yang yang Baik dan Berkualitas,,Semoga bisa membantu

sumber : http://www.nelpon.net
Title : Tips Memilih Powerbank yang yang Baik dan Berkualitas
Description : Halo sobat,,kali ini saya akan berbagi info tentang Tips Memilih Powerbank yang yang Baik dan Berkualitas,, Sekarang sudah banyak sekal...

0 Response to "Tips Memilih Powerbank yang yang Baik dan Berkualitas "

Post a Comment

Followers